Inilah Perbedaan Air Conditioner dan Air Cooler, Sudah Tahu Belum?


Kebutuhan dan permintaan akan pendingin ruangan saat ini memang begitu tinggi. Dari adanya gejala peningkatan suhu bumi memang membuat udara terasa begitu panas. Nah dari sinilah permintaan akan perangkat pendingin ruangan muncul dan terus membesar. Saat ini sendiri alat pendingin ruangan terbilang banyak ragamnya. Dua diantaranya yang banyak dicari adalah air conditioner serta air cooler. Nah untuk mengetahui kedua perangkat ini, kita harus memahami perbedaan antara air cooler dan air conditioner.

Pembahasan pertama kita mulai dari penjelasan air conditioner. Air conditioner atau atau sering dikenal dengan AC merupakan perangkat pendingin ruangan yang memiliki kemampuan mengatur suhu ruangan, baik itu dengan cara merendahkan suhu atau meninggikannya. Untuk mengatur suhu ruangan tersebut, air conditioner memiliki sistem kerja yang paling rumit diantara produk pendingin ruangan lainnya. Ini karena air conditioner menerapkan prinsip atau fase konversi dengan melibatkan beberapa senyawa seperti klorofluorkarbon (CFC), hidroklorofluorkarbon (HCFC) dan juga perfluorokarbon (FC). Sistem kerja air conditioner sendiri dimulai dari penyerapan panas oleh kipas yang nantinya akan mengalirkan udara panas lewat kumparan yang terdiri dari senyawa-senyawa (refriderants). Setelah itu terjadi proses kondensasi atau perubahan wujud air menjadi uap atau udara yang lebih dingin. 

Sementara itu definisi dari air cooler adalah perangkat yang bekerja dengan cara meningkatkan kelembaban udara sehingga udara di ruangan menjadi lebih sejuk. Untuk meningkatkan kelembabab udara, air cooler memanfaatkan air dingin yang ada di dalam tangki. Jadi air dingin atau es yang ada pada tangki oleh air coller akan diubah menjadi uap air untuk kemudian dihembuskan ke ruangan. Dari hembusan uap air yang sejuk dan terus-menerus inilah maka suhu diruangan yang awalnya panas lama kelamaan akan menjadi sejuk. Dengan semakin banyaknya perangkat air cooler saat ini maka pada beberapa produk, kita akan mendapati humidifier yang membuat tingkat kelembabannya bisa diatur.

Selain dari definisinya, perbedaan air cooler dan air conditioner sendiri bisa kita ketahui dengan cara mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Dari penjelasan ini nantinya kita akan lebih memahami dengan baik makna dari air cooler vs air conditioner. Kita mulai saja dari kelebihan dan kekurangan dari air conditioner (AC). Kelebihan dari AC antara lain :

  •     Lebih cepat untuk mendinginkan udara dibandingkan dengan produk pendingin ruangan lainnya.
  •     Dapat lebih mudah melakukan pengaturan suhu.
  •     Memiliki tingkat mendinginkan paling baik dibanding perangkat pendingin ruangan lainnya.
  •     Tidak membutuhkan ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.
  •     Tidak terpengaruh dengan efek kelembaban meski ditempatkan pada ruangan tertutup.
Sementara itu kekurangan dari air conditioner antara lain :
  •     Tidak mudah dipindah-pindahkan, karena harus dipasang secara permanen.
  •     Harganya mahal.
  •     Membuat tagihan listrik membengkak setiap bulannya.
  •     Cara perawatannya rumit dan tidak bisa dilakukan sendiri.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari air conditioner, mari kita menyimak kelebihan dan kekurangan dari air cooler. Kelebihan air cooler sendiri antara lain :
  •     Harga beli lebih hemat dibanding Air Conditioner (AC).
  •     Lebih hemat listrik jika dibandingkan dengan air conditioner.
  •     Bersifat portabel sehingga mudah untuk dipindah-pindahkan ke beberapa tempat yang kita mau.
  •     Perawatan terbilang lebih mudah jika dibandingkan dengan AC, karena bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain.

Sementara itu kekurangan dari air cooler antara lain :
  •     Tidak cepat mendinginkan ruangan seperti air conditioner.
  •     Hanya mampu menyejukkan ruangan karena kemampuannya yang cuma bisa meningkatkan kelembaban udara.
  •     Membutuhkan tempat yang terbuka yang memiliki sirkulasi baik, dan itu artinya tidak bisa ditempatkan di ruangan tertutup.
  •     Tidak bisa digunakan terus menerus. Ini karena air cooler membutuhkan air dingin atau es untuk tetap bisa dipakai untuk menyejukkan udara. 

Demikianlah perbedaan AC dan air cooler. Dari informasi ini semoga kita bisa memahami bedanya air cooler dan air conditioner dengan baik dan benar. Dan semoga dengan informasi ini Anda juga bisa membeli produk pendingin ruangan yang tepat dan paling pas sesuai kebutuhan.
Inilah Perbedaan Air Conditioner dan Air Cooler, Sudah Tahu Belum? Inilah Perbedaan Air Conditioner dan Air Cooler, Sudah Tahu Belum? Reviewed by Sudut Warna on 15.26 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.