Dampak Polusi Udara dalam kehidupan kita sehari-hari


foto:merdeka.com

Dampak polusi udara bisa dirasakan oleh manusia, hewan maupun tumbuhan. Polusi udara berpotensi membahayakan kesehatan manusia dan hewan, merusak atau menghambat pertumbuhan vegetasi, dan dapat membuat kondisi kehidupan di lingkungan tak tertahankan. Di sebagian besar wilayah di dunia, polusi udara telah mempengaruhi orang dan lingkungan dalam berbagai aspek.
Polusi udara menyebabkan sekitar jutaan kematian per tahun di seluruh dunia. Pertumbuhan dan konsentrasi penduduk di kota-kota, serta cara kita mengonsumsi energi di daerah perkotaan melalui sistem transportasi atau pemanas dan pendingin udara. Antara lain seperti emisi gas dalam jumlah besar yang berbahaya bagi kesehatan kita. Inilah dampak polusi udara!
Berbahaya bagi Kesehatan Manusia
Polusi udara mengancam kesehatan manusia dengan berbagai cara. Polusi udara dapat menyebabkan penyakit paru-paru dan masalah pernapasan lainnya. Dalam banyak kesempatan, ada hubungan yang sangat besar antara kesehatan manusia dan polusi udara, terutama tentang kematian dini di banyak negara berkembang dan bahkan negara maju.
Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2013, menjelaskan bahwa polusi udara menyebabkan sekitar dua juta kematian dini setiap tahun. Kematian dini disebabkan oleh polutan udara dalam bentuk partikel yang orang hirup. Efek pada tubuh biasanya tergantung pada durasi paparan dan juga jenis dan konsentrasi partikel atau bahan kimia.
Dampak polusi udara bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas seperti pneumonia dan bronkitis atau iritasi pada rongga hidung dan mata. Efek jangka panjangnya adalah gangguan pernafasan kronis, penyakit jantung, kanker paru-paru, dan bahkan bahaya serius pada hati, ginjal, saraf, dan otak.
Paparan jangka panjang terhadap polusi udara juga berdampak buruk pada paru-paru anak-anak dan orang tua. Mungkin, inilah alasan mengapa polusi udara dianggap sebagai pembunuh tanpa henti.
Bahaya polusi udara terhadap lingkungan, hewan dan tumbuhan
Bila partikel, bahan kimia, dan gas polutan hadir di atmosfer, secara kimia bereaksi dengan molekul air dan oksigen dan membentuk senyawa asam. Senyawa asam ini menyebabkan kerusakan vegetasi, bangunan, dan lingkungan. Dalam kebanyakan kasus, polusi udara seperti Nitrogen Oksida (NOx) dan Sulfur Dioksida (SO2) bereaksi untuk menciptakan asam nitrat dan sulfat ringan masing-masing.
Senyawa kimia asam ini kemudian bercampur dengan berbagai bentuk pengendapan seperti salju, kabut, hujan, atau hujan es untuk membentuk hujan asam. Ketika hujan asam mengendap di suatu area, itu menyebabkan kerusakan lingkungan yang serius dan mungkin juga membunuh kehidupan akuatik, hewan, pohon, dan tanaman. Hujan asam merusak daun tanaman dan tanaman yang diperlukan untuk fotosintesis, menghancurkan atau membunuh tanaman dan tanaman.
Ini juga membuat air permukaan seperti danau dan sungai menjadi asam dengan mengubah kimia sehingga merugikan atau membunuh ikan dan kehidupan lainnya. Demikian pula, hujan asam dapat mengubah kimia tanah dengan cara infiltrasi karenanya, menghambat aktivitas mikroba tanah. Di seluruh Amerika Utara dan Eropa, hujan asam telah lama mempengaruhi kehidupan akuatik di danau.


Dampak Polusi Udara dalam kehidupan kita sehari-hari Dampak Polusi Udara dalam kehidupan kita sehari-hari Reviewed by Sudut Warna on 15.49 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.